Negara Dengan Waktu Berpuasa Terlama





     Islam memang agama yang unik, karena beberapa waktu ibadah di islam ditentukan oleh datangnya peristiwa alam tertentu, makanya setiap ramadhan banyak ormas-ormas yang sibuk menelaah bulan guna melihat datangnya hilal. Tapi tahukah kamu durasi / lamanya waktu puasa sehari umat islam di seluruh dunia berbeda-beda?

Penjelasan Ilmiah 

Kita umat islam di Indonesia rata-rata berpuasa dari jam 4 pagi sampai jam 6 sore, atau kira-kira sekitar 13 jam,  tetapi sebenarnya umat islam berpuasa dari sebelum terbitnya matahari hingga tenggelamnya matahari

     Nah karena letak geografis bumi waktu terbit dan tenggelam nya matahari berbeda-beda di setiap tempat, hal ini juga menyebabkan durasi umat islam berpuasa setiap harinya bisa berbeda-beda di seluruh dunia.Semakin ke utara waktu berpuasa semakin panjang karena waktu siang dibelahan utara lebih lama, sedang kan di selatan sebaliknya.

Dan berikut negara-negara dengan waktu puasa terlama dan terpendek:

Rusia ( 19 Jam 57 menit )

     Negara besar bekas uni soviet ini menjadi salah satu negara dengan waktu puasa terlama. Umat islam disana harus sahur sebelum pukul 01.46 waktu setempat dan baru berbuka sekitar pukul 21.43 malam, bayangkan!

Inggris ( 18 Jam 5 Menit )

     Ingin bisa berpuasa Ramadan di negeri Harry Potter? Maka setidaknya kamu harus kuat menahan lapar dan haus selama lebih dari 15 jam. Bayangkan saja, muslim di London mendengar tanda imsak pada pukul 02.45 dini hari dan baru boleh berbuka pada pukul 20.50 malam. Semoga saja tak saat musim panas ya.

Amerika Serikat ( 15 Jam 47 Menit )

     Sementara di Amerika Serikat waktu puasa lebih lama 2 jam dari Indonesia. Jika kamu sedang berkunjung ke New York maka puasa dimulai imsak saat pukul 04.25 dan baru akan berbuka pada pukul 20.12 malam. Kalau jam segitu sih rata-rata di indonesia malah sudah selesai tarawih ya.

Jepang ( 15 jam 36 Menit )

     Di negara pasifik ini pun waktu puasa berbeda. Muslim di Jepang disebutkan memulai puasa saat imsak pukul 03.11 dan baru akan berbuka pukul 18.47 nanti. Masih lebih dari 15 Jam.

Arab Saudi ( 14 Jam 30 Menit )

     Sementara untuk kamu yang sedang umroh di tanah suci, kamu harus bersiap-siap untuk melakukan puasa lebih panjang dari yang biasa kamu lakukan di Indonesia. Karena Mekkah memulai imsak pada pukul 04.31 dan baru berbuka pada 19.01 malam


----

     Dari semua negara, negara eropa belahan utara seperti seperti Swedia, Denmark, dan Finlandia rata-rata umat Islam disana berpuasa lebih dari 20 Jam setiap hari! Sebaliknya kaum muslimin di Argentina hanya berpuasa sekitar 9 Jam setiap harinya, kurang dari setengah waktu puasa di Swedia.



     Ok, sebagai penutup kita seharusnya bersyukur karena diberi waktu puasa yang tidak terlalu lama dan tidak terlalu cepat.. So di jaga ya puasanya :)

0 komentar:

Copyright © 2012 Alvens Robby Dwi Tama Sinurat's Blog.